Minggu, 18 September 2016

Peran Komunikasi Dalam Organisasi

1)      Pengertian dan Arti Penting Komunikasi

Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communis yang berarti keadaan yang bias membagi.

Berikut ini adalah beberapa definisi komunikasi menurut para ahli :

a)      Palo Alto

Ketika dua orang sedang bersama, mereka berkomunikasi secara terus menerus karena mereka tidak dapat berperilaku. PALO ALTO sangat percaya bahwa seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi

b)     Himstreet dan Baty

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan

c)      Laswell

Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakn apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa

d)     Carl I. Hovland

Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain

e)      William Albig

Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan

        Jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi itu adalah suatu proses 2 individu atau lebih, dimana di dalam proses itu mereka saling menyampaikan pesan mereka atau bertukar pikiran baik secara lisan maupun tulisan.

        Manusia ditakdirkan hidup di dunia ini menjadi makhluk sosial, manusia sangat membutuhkan orang lain. Salah satu cara mereka mendapatkan bantuan orang lain adalah dengan cara berkomunikasi dengan orang lain. Tidak hanya ketika mereka membutuhkan bantuan, ketika mereka ingin menyampaikan aspirasinya atau pendapat mereka kepada oorang lain, mereka pun harus berkomunikasi dengan orang lain. Jadi komunikasi sangatlah penting bagi kehidupan manusia.Dan melalui komunikasi manusia dapat membuat dirinya tidak merasa terasing atau terisolasi dari lingkungan di sekitarnya.

2)      Jenis dan Proses Komunikasi

         A.    Jenis Komunikasi

Komunikasi Lisan
     Komunikasi Lisan secara langsung adalah komunikasi yang di lakukan dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka. Contohnya seperti rapat,berpidato,dll.

     Komunikasi Lisan secara tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan perantara alat seperti handphone,telepon,VoIP dan lain sebagainya.

Komunikasi Tulisan
     Komunikasi Tulisan adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan perantara tulisan tanpa adanya obrolan secara langsung. Seperti halnya surat, atau pada zaman yang serba modern ini dapat menggunakan sms, e-mail atau chatting.

         B.     Proses Komunikasi

           Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya.Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.

3)      Komunikasi Efektif

                  Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune”, yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan.

                  Menurut Jalaludin menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai  dengan adanya pengertian , dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan.

Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif :

Menciptakan suasana yang menguntungkan
Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan
Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya
Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan
                        Komunikasi efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting dan kompleks. Dianggap penting karena ragam dinamika kehidupan (bisnis,politik,misalnya) yang terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara tepat, munculnya kecenderungan untuk tergantung pada teknologi komunikasi, serta beragam kepentingan yang ikut muncul.

4)      Implikasi Manajerial

Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada.



Daftar pustaka :

Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1998

Mulyana, Deddy, Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2001

Santoso, Edi dan Mite Setiansah. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar