PENGERTIAN
,CIRI-CIRI DAN MACAM-MACAM PASAR
PENGERTIAN PASAR DAN STRUKTUR PASAR
·
Pengertian pasar adalah suatu tempat
atau proses interaksi antara
permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu,
sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah
yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan
penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu,
sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah
yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan
penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
·
Pengertian struktur pasar adalah karakteristik
organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar
BENTUK-BENTUK STRUKTUR PASAR
1. PASAR
PERSAINGAN SEMPURNA
Pengertian pasar persaingan
sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di
mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas ,ada
pun pasar persaingan sempurna memiliki cirri-ciri
Cirri-ciri pasar sempurna:
ü Jumlah
penjual dan pembeli yang banyak
ü Produk
yang di perdagangkan sama atau bisa di bilang homogen.
ü Pemerintah
tidak ikut campur tangan dalam proses pembentukan harga.
Jenis-jenis pasar
sempurna:
ü Jumlah
penjual dan pembeli banyak
ü Barang
yang di jual sama/homogen
ü Harga
di tentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran
ü Posisi
tawar konsumen kuat
ü Sensitif
pada perubahan harga
ü Sulit
mendapatkan keuntungan lebih / diatas rata-rata.
2. PASAR
PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak
terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar di mana salah satu ciri dari
pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna
terdiri atas pasar monopoli, oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
a. PASAR
MONOPOLI
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana
hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau
konsumen.
Pasar
monopoli memiliki ciri-ciri:
ü hanya
ada satu produsen yang menguasai penawaran
ü tidak
ada barang substitusi/pengganti yang mirip
ü produsen
memiliki kekuatan menentukan harga
ü tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki
pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan
Sebab-sebab terjadi nya
pasar monopoli:
ü penguasaan bahan mentah,
ü penguasaan teknik produksi tertentu,
ü pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),
ü adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu
yang ditunjuk),
ü adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,
ü memiliki modal yang besar (karena penggabungan perusahaan),
ü memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang
lain,
Kebaikan pasar monopoli:
ü Industri-industri
yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
ü Mendorong untuk
adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya.
ü Tidak akan
mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli
akan semakin besar.
Kelemahan pasar monopoli:
ü Tidak
efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan
secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya
pemborosan.
ü Konsumen merasa
berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan
monopoli.
ü Timbul
ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
Untuk mencegah
timbulnya dampak negatif adanya monopoli, maka pemerintah harus ikut campur
tangan, misalnya dalam hal penetapan harga maksimum dan penetapan Undang-
Undang Antimonopoli atau UU yang mengatur ekspor impor.
b.
PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk
interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen
yang menguasai seluruh permintaan pasar
Oligopoli memiliki cirri-ciri:
ü Terdapat
beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
ü Barang yang
diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak
ü Terdapat
hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk
masuk ke dalam pasar
masuk ke dalam pasar
Kebaikan pasar oligopoli antara lain
sebagai berikut.
ü Industri-industri oligopoly bisa mengadakan inovasi dan
penerapan teknologi baru yang paling pesat,
ü Terdorong untuk berlomba penemuan proses produksi baru dan
penurunan ongkos produksi,
ü Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan
penelitian.
Kelemahannya antara lain sebagai
berikut.
ü Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess
profit) yang dinikmati produsen.
ü Tidak efisiensi produksi karena setiap produsen tidak
beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.
ü Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh.
ü Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat
secara makro.
c.
PASAR MONOPOLISTIK
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk
interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar
penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar
yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur
persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
Cirri
–ciri dari pasar monopolistik:
ü Terdapat
banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
ü Barang yang diperjual-belikan merupakan
differentiated product.
ü Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas
barang produknya sendiri.
ü Untuk
memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
ü Keluar
masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.
Kebaikan pasar monopolistik antara
lain sebagai berikut.
ü Konsumen memiliki banyak pilihan barang.
ü Produsen dapat menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu
pasar karena tidak ada persaingan.
ü Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan
sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendirisendiri.
Sementara itu, kelemahannya antara
lain sebagai berikut.
ü Tidak efisiennya produksi karena produsen tidak berproduksi
dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum.
ü Terlalu banyak perusahaan kecil.
ü Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi
dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut
ijin copas brow
BalasHapusthanks banget bro, ngebantu tugas gw nih...
BalasHapusTrima kasih,sangat membantu 😊
HapusThanks Bang. ijin copas ke blog saya www.julfahmisalim.com ya bg,,
BalasHapusmakasih banyak atas ilmunya,izin copasyah.......
BalasHapusmakasih. ijin copast ya
BalasHapustank
BalasHapusyu
gak ada jawabanya
BalasHapusizin copas ya
BalasHapusPerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
makasih nggih mas infonya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmakasih
BalasHapusMakasih ats infonya dgn in sy bisa kerjakn tugas sy😊
BalasHapus3 huruf untukmu bro "sip"
BalasHapus